MASIGNASUKAv102
7345699749361123385

Cara Membuat Menu Login Dan Register (Authentication) Di Laravel

Cara Membuat Menu Login Dan Register (Authentication) Di Laravel
Add Comments
12 February 2020

Laravel Auth - Di artikel kali ini saya akan menuliskan mengenai cara cepat membuat fitur register dan login dengan artisan (auth). Di percobaan kali ini saya akan menggunakan project yang telah saya gunakan sebelumnya (nexmo). Langsung ke praktiknya,

1. Langkah pertama, buka folder nexmo di htdocs. Kemudian klik kanan, Open With Code. Untuk terminalnya, kita bisa menggunakan terminal di Visual Studio Code atau menggunakan Git Bash. Jika menggunakan terminal Git Bash, kita perlu klik kanan lagi di dalam folder nexmo kemudian pilih Git Bash Here.

2. Kemudian, kita perlu menginstall laravel/ui dengan command seperti di bawah ini.


composer require laravel/ui 


*Catatan: Mulai laravel versi 6.0, semua authentication assets terpisah dari core laravel.

3. Kemudian jalankan command seperti di bawah ini pada terminal.

php artisan ui vue --auth


4. Compile file-file asset dengan command seperti di bawah ini.

npm install && npm run dev


Jika kita jalankan command tersebut pada terminal visual studio code, kemungkinan akan error. Jika terjadi error di terminal visual studio code, jalankan command tersebut secara terpisah seperti ini:

npm install

Kemudian jalankan command berikutnya,

npm run dev

O ya.. untuk menjalankan perintah npm, kita harus memastikan sudah menginstall NodeJS di PC atau komputer kita. Petunjuk installasi NodeJS ada di documentasi NodeJS

5. Langkah selanjutnya adalah migrate. Langkah ini bertujuan untuk men-generate tabel-tabel yang akan digunakan untuk menampung data user. Tapi sebelum menjalankan perintah migrate, kita buat dahulu database baru di localhost kita yang kemudian kita connect-kan di file .env. OK, kita buat dahulu database baru dengan nama nexmo.

Kemudian buka file .env,


Edit pada bagian DB_DATABASE, ubah menjadi nexmo (sesuai dengan nama database baru yang telah kita buat).

Nah, setelah sudah membuat database baru dan meng-connectkan pada file .env. Selanjutnya kita jalankan command php artisan migrate


Jika kita cek kembali database nexmo (di localhost), maka sudah terdapat 4 tabel baru hasil dari migrate yang telah dilakukan.


OK, langkah-langkah membuat fitur auth dengan laravel sudah kita selesaikan. Selanjutnya kita lakukan testing dengan perintah php artisan serve


Kemudian, buka browser dan ketikkan url 127.0.0.1:8000, maka hasilnya di home page sudah terdapat 2 menu (login dan register).
Kita test pada menu register. Masuk ke menu register kemudian masukkan atau inputkan nam, email, password dan confirmasi password. Kemudian klik register.
Setelah klik register, maka data user yang diinputkan berhasil didaftarkan dan kita akan di arahkan ke halaman dashboard (home). Selanjutnya kita test menu login. Log out terlebih dahulu dari menu dashboard (home). Kemudian masuk ke menu Login.
Masukkan email dan password yang kita inputkan saat registrasi. Jika email dan password yang diinputkan di form login sama dengan email dan password yang diinputkan form register, harusnya kita berhasil login dan akan diarahkan ke menu dashboard (home).


Sekian artikelkali ini  mengenai membuat fitur auth dengan laravel authentication. Di artikel selanjutnya kemungkinan saya akan menulis artikel tentang cara membuat fitur register atau login menggunakan social media.