MASIGNASUKAv102
7345699749361123385

Alasan Jangan Membeli Buku Bajakan

Alasan Jangan Membeli Buku Bajakan
Add Comments
20 September 2019

Bagi sebagian besar orang di dunia, buku adalah teman baik disaat waktu luang. Ada yang mengatakan, buku adalah jendela dunia. Maksudnya, dengan membaca buku kita bisa menambah wawasan kita dan membuka pandangan kita tentang dunia dengan isinya. Di era modern seperti saat ini, kita bisa dengan mudah mendapatkan buku. Selain di book store atau toko buku, kita juga bisa mencari buku di toko online atau e-commerce seperti bukalapak, tokopedia, shopee dan lain-lain. Namun sangat disayangkan, saat ini kita bisa dengan mudah menemukan buku bajakan terutama di  e-commerce. Membeli buku bajakan tentu tidak disarankan atau diperbolehkan. Ada beberapa alasan mengapa kita tidak boleh membeli buku bajakan. Berikut adalah alasan mengapa kita tidak boleh membeli buku bajakan versi kulo.online:

1. Tidak Menghargai Karya Penulis
Dengan membeli buku yang bukan dari penjual atau toko yang telah bekerja sama dengan penulis atau membeli buku yang bukan versi original tentu kamu akan di cap "tidak menghargai karya penulis". Coba banyangkan jika kamu membuat sebuah karya kemudian ada seseorang yang membajak atau mengcopy hasil karyamu, bagaimana perasaanmu ? tentu kamu akan kecewa bukan ?. Cobalah untuk menghargai karya orang lain.

2. Mendukung Kejahatan Pembajakan Buku
Dengan membeli buku yang bukan original atau bajakan, itu berarti kamu termasuk orang yang mendukung kejahatan pembajakan buku. Kegiatan pembajakan buku merupakan tindakan yang melanggar Undang-Undang tentang Hak Cipta. Dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, tepatnya pada pasal 9 ayat 3 disebutkan "Setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta dilarang melakukan penggandaan dan atau penggunaan secara komersial ciptaan" dan pasal 10 yang berbunyi "Pengelola tempat perdagangan dilarang membiarkan penjualan dan atau penggandaan barang hasil pelanggaran hak cipta dan atau hak terkait di tempat perdagangan yang dikelolanya".



3. Menimbulkan Rasa Kecewa

Rasa kecewa timbul terutama kalau kamu membeli buku di toko online atau e-commerce karena sebelum membeli kamu tidak tahu kwalitas dari buku yang akan kamu beli. Buku bajakan cederung memiliki kwalitas yang buruk. Kwalitas dari kertas, cetakan dan lem tentu akan berbeda jauh dengan buku versi originalnya. Tentu sangat wajar, mengingat buku bajakan dibandrol dengan harga yang sangat murah. Harga Cerminan dari Kwalitas.



Demikianlah alasan mengapa kamu jangan membeli buku bajakan. Isi artikel ini ditulis dari apa yang pernah Saya alami karena Saya pernah sekali mencoba membeli buku bajakan dari sebuah e-commerce. Rasa kecewa timbul saat Saya membuka box paket yang dikirimkan oleh kurir. Kwalitas kertas jelek, cetakan dan lem yang kurang rapi merupakan gambaran dari buku bajakan yang Saya terima.




*Ayo, Hargai Karya Orang Lain~


Hilmi Hidayat

"If something's important enough, you should try. Even if you - the probable outcome is failure." - Elon Musk