MASIGNASUKAv102
7345699749361123385

Profesionalisme dalam Administrasi Perkantoran

Profesionalisme dalam Administrasi Perkantoran
Add Comments
03 August 2019

Profesional berasal dari kata dasar profesi. Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian dari para anggotanya. Artinya, suatu pekerjaan atau jabatan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak siapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Keahlian diperoleh melalui apa yang disebut profesionalisasi, yang dilakukan baik sebelum seseorang menjalani profesi itu maupun setelah atau sedang menjalani profesi. Dengan demikian, profesional menunjuk dua hal. Pertama, orang yang menyandang suatu profesi; Kedua, penampilan seseorang dalam melakukan pekerjaannya sesuai dengan profesinya. Dalam pengertian kedua ini, istilah profesional dikontradiksikan dengan nonprofesional atau amatiran.

Untuk memperoleh pengertian dan konsep yang lebih komprehensif, perlu dikemukakan pula tentang pengertian profesionalisme, profesionalitas, dan profesionalisasi. Masing-masing pengertian tersebut dijelaskan sebagai berikut:
1. Profesionalisme.
Profesionalisme merujuk pada komitmen anggota-anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dan terus menerus mengembangkan strategi yang digunakannya dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan profesinya.

2. Profesionalitas.
Profesionalitas mengacu pada sikap para anggota profes terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dalam rangka melakukan pekerjaan.

3. Profesionalisasi.
Profesionalisasi menunjuk pada proses peningkatan kualifikasi maupun kemampuan para anggota profesi dalam mencapai kriteria yang standar dalam penampilannya sebagai anggota dalam suatu profesi. Profesionalisasi pada dasarnya merupakan serangkaian proses pengembangan profesional, baik dilakukan melalui pendidikan atau latihan pra-jabatan maupun dalam jabatan.

Oleh karena itu, profesionalisasi merupakan proses yang never ending, secepat seseorang telah menyatakan dirinya sebagai warga suatu profesi.
Berdasarkan uraian tersebut, maka profesionalisme dalam administrasi perkantoran adalah profesionalisme terkait dengan mengemban tugas-tugas yang ada di wilayah administrasi perkantoran, misalnya di bidang kesekretarisan, perbendaharaan dan lain sebagainya.

Sumber: Buku “Administrasi dan Operasional Perkantoran” yang ditulis oleh Donni Juni Priansa, S.Pd., S.E, S.S., M.M dan Fenny Damayanti, S.Sos., M.M., dan diterbitkan oleh CV. Alfabeta, Bandung.